Membuat 3D Printer Sendiri dengan Mudah dan Hemat Biaya dengan Ramps Board dan Casing Anet8

Membuat 3D Printer sendiri lebih irit biaya dari pada kita membeli jadi yang kebanyakan di pasaran mulai harga 3 jutaan hingga belasan juta, ini merupakan pengalaman penulis yang dituliskan secara singkat di artikel ini. Sebelumnya penulis memiliki 3D Printer dengan Merk Anet A8 tapi karena ada kerusakan pada board akhirnya mencoba merakit ulang dan berhasil. 

3D printing adalah teknologi yang semakin populer di kalangan pencetak dan pencipta. Membuat 3D printer sendiri adalah cara yang bagus untuk mempelajari teknologi ini dan memberikan kesempatan untuk mencetak objek 3D dengan biaya yang lebih murah. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara merakit 3D printer sendiri dengan menggunakan Ramps Board dan casing Anet8.

Persiapan buat 3d print yang Dibutuhkan

persiapan buat 3d printer


Sebelum mulai merakit 3D printer sendiri dengan Ramps Board dan casing Anet8, pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahan berikut ini, saat ini bahan-bahan tersebut mudah ditemukan di tokopedia atau shopee, kalau pun stok kosong bisa mencari di Ali Express :

  • Ramps Board 1.4
  • Arduino Mega 2560
  • Casing Anet A8
  • Motor Stepper
  • Sensor Suhu
  • Hotend
  • Extruder
  • Power Supply
  • Kabel Jumper
  • Lubang Bor
  • Obeng
Penulis menggunakan sebagian besar komponet Anet A8 lama yang masih digunakan.

Langkah-langkah Merakit 3D Printer

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merakit 3D printer menggunakan Ramps Board dan casing Anet8:

Rangkai Casing

Langkah pertama adalah merangkai casing Anet8. Casing ini terdiri dari beberapa bagian, seperti frame, bingkai ekstruder, dan bingkai kaki. Pastikan setiap bagian terpasang dengan benar sesuai instruksi pada manual yang disediakan.

Pastikan Casing Anet A8 sudah terakit. Jika belum atau tidak memiliki bisa cari referensi desain rangkanya di Google buat framenya dari akrilik dengan ketebalan 1 cm dipotong pake Jig Saw atau CNC. 




Pasang Ramps Board pada Arduino Mega 2560

Selanjutnya, pasang Ramps Board pada Arduino Mega 2560. Kabel jumper digunakan untuk menghubungkan Ramps Board dengan Arduino Mega 2560. Pastikan koneksi antara kabel jumper dan port yang tersedia pada Ramps Board dan Arduino Mega 2560 sudah terhubung dengan benar.


Pasang Motor Stepper

Pasang motor stepper pada Ramps Board dengan menggunakan kabel jumper. Pastikan koneksi antara motor stepper dan Ramps Board sudah terpasang dengan benar.


1. Langka Pertama Konekan Ramps 1.4 dengan limit stop / end stop. Tujuanya menjaga agar gerakan dari motor stepper gag kebablasan. Pasang semuanya dibagian dilingkari ini, pastikan mengenai pin huruf S.

membuat 3d printer


Pastikan sesuai urutan. Dari kiri ke kanan adalah X, Y, Z. Jadi harus disesuaikan dengan motor stepper. Motor Stepper X brati stop limitx dikonekan paling kiri. Lihat Gambar.
Membuat 3d print


2. Pasang Motor Stepper sesuai dengan lokasinya masing-masing. Pastikan tidak ada yang terbalik, untuk bagian Z langsung dipasang kedua-duanya. Lihat Gambar

buat 3d print




Pasang Bed Heater dan Extruder

Pasang bed heater dan extruder pada printer 3D. Pastikan koneksi antara bed heater dan extruder sudah terhubung dengan benar pada Ramps Board. Bed Heater di pasang pada bagian D8, kemudian Extruder di pasang di bagian D10. Sedangkan D9 biasanya di pasang sebagai FAN (No 2 pada gambar di bawah).

Skema diy 3d printer

Sebelumnya pastikan juga termistor udah terpasang jika tidak terpasang akan terjadi overheat yang dapat merusak. Termistor untuk Bed Heater dipasang di T1, sedangkan extruder dipasang di T0.

letak termistor pada ramps 1.4



Sambungkan Ramps Board ke Power Supply

Sambungkan Ramps Board ke power supply printer 3D. Pastikan koneksi antara Ramps Board dan power supply sudah terhubung dengan benar.

Test Printer 3D dan unduh Firmware

Setelah semua komponen sudah terpasang dengan benar, tes printer 3D dengan mencetak objek sederhana untuk memastikan printer 3D sudah berfungsi dengan baik. Untuk firmware bisa gunakan marlin yang terdapat pada github berikut https://github.com/MarlinFirmware/Marlin.

Cara running firmwarenya ke Arduino Mega bisa liat artikel ini http://3d-maker.info/switching-to-ramps-1-4-firmware-anet/.  



















Comments

Popular Posts